Membuat efek foto mozaik CorelDraw

Membuat efek foto mozaik Corel Draw
Cara untuk membuat efek mozaik pada foto dengan menggunakan CorelDRAW sebenar-nya tidak begitu sulit dan juga tidak begitu mudah cuma kita di butuhkan kesabaran dan ketekunan kita untuk membuat efek ini sehingga untuk hasil-nya nanti akan sesuai dengan kerja keras kita beserta ketekunan kita yaitu enak di pandang oleh mata dan juga memiliki unsur seni yang cukup tinggi. Sebelum kita memulai proses pembuatan untuk efek ini kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti dari Mozaik atau arti dari efek ini. Untuk arti dan makna-nya ada di bawah ini.

Mosaik adalah seni menciptakan gambar dengan menyusun kepingan-kepingan kecil berwarna dari kaca, batu, atau bahan lain. Dalam hal ini saya akan membuat dengan bahan berupa foto, foto tersebut memiliki ukuran yang kecil, tetapi berjumlah yang sangat banyak sehingga jika jika menyusun-nya akan membentuk sebuah foto atau objek lain yang membentuk sebuah karya kerajinan atau sebuah seni bernilai jual tinggi. Tetapi untuk kali ini saya tidak akan menyusun secara manual dengan foto asli tetapi akan menyusun-nya dalam bentu soft Copy alias dalam bentuk komputer, sehingga akan memudahkan kita untuk membuat-nya. Dengan menggunakan bantuan Software CorelDRAW kita bisa membuat efek mozaik dengan mudah, bahkan tidak akan memakan waktu yang lama cukup beberapa menit saja bisa selesai.

Untuk bagian yang paling sulit dalam efek ini adalah pada saat menguumpulkan foto foto kecil yang banyak. Kenapa bagian ini yang apling sulit menurut saya, karena foto yang di kumpulkan dalam jumlah yang banyak sehingga jika foto tidak banyak terpaksa kita harus duplikat foto tersebut hingga beberapa kali sehingga menjadi banyak sehingga akan terkesan terlihat efek mozaik-nya. Maka semakin banyak foto kecil untuk efek ini maka hasil-nyapun akan semakin bagus dan terlihat ada unsur seni dari efek tersebut.

Mungkin untuk penjelasan-nya cukup dan bisa menambah sedikit pengetahuan anda tentang cara dan hal yang perlu di perhatikan dalam proses pembuatan efek mozaik pada foto dengan CorelDRAW. Untuk prosedurnya tinggal kita ikuti langkah-Nya di bawah ini dengan seksama.

Artikel yang berkaitan :
Jangan lupa untuk kunjungi artikel yang lain dan juga jangan sampai ketinggalan tentang artikel terbau baik dari CorelDRAW, Photoshop, ataupun tips - tips yang lain-nya.

Langsung saja ini tutorial-Nya :
  1. Yang pertama kita import foto yang akan kita jadikan background sepeti berikut beserta foto yang akan di buat efek mozaik.
  2. Setelah itu  Foto keci-kecil berada paling atas dan foto yang akan di edit menjadi efek mozaik berada paling bawah ( foto messi ) paling bawah
  3. Kemudian klik Foto kecil background kemudian pilih TRANSPERANCY TOOLS > UNIFORM, Untuk menyesuaikan foto kecil transparan bisa di isi sesuai keinginan atau bisa juga dari O menjadi 72 supaya gambar messi lebih terlihat jelas dan juga masih terlihat untuk foto kecil-nya.

  4. Setelah itu Tinggal kita grup dengan menekan tombol CTRL + G
  5. Dan untuk perkiraan hasil-nya bisa kita lihat di gambar bagian paling atas.
  6. Selesai

Note :

Jika anda kurang paham dari penjelasan saya bisa di tanyakan memalui komentar insya allah kalau ada waktu nanti saya jawab pertanyaan-nya 

Semoga kita bisa berjumpa lagi dengan artikel yang lain dan juga bisa menambah ilmu dan wawasan anda. Amin..

Terima kasih

2 Responses to "Membuat efek foto mozaik CorelDraw"

  1. foto kecil2 ya bisa didapetin dimana mas? atau mesti edit sendiri juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk foto yang kecil bisa anda susun sendiri dengan beberapa banyak foto yang anda miliki ataupun foto yang bisa anda download di google gan.. .

      Delete