Perbedaan UHD dan SUHD Pada Televisi

Memang saat ini perkembangan televisi semakin maju dan cepat, sehingga mampu menciptakan teknologi terbaru dalam dunia pertelevisian Sepertihalnya UHD dan SUHD. Apa perbedaan UHD dan SUHD ?

Perbedaan UHD dan SUHD Pada Televisi. Memang baru beberapa tahun ada Televisi High Definition ( HD ) kemudian ada UHD ( Ultra High Definition ) dan sekarang muncul lagu Super Ultra High Definition ( SUHD ). Jadi perkembangan dunia digital memang sangat cepat sehingga ketika baru mempunyai TV HD saja sudah ketinggalan dengan keluaran terbarunya.


Langsung saja berikut Perbedaan mengenai UHD dan SUHD pada televisi.

#Perbedaan UHD dengan SUHD
Ada sejumlah hal yang perlu dimengerti ketika Anda memilih resolusi TV di atas 1080p. Pertama sekali kita perlu memahami bagaimana resolusi biasanya diukur. Ada 2 angka yang diperhitungkan disini :

  • Jumlah garis pixel horizontal.
  • Jumlah garis pixel vertikal.

Semakin tinggi kedua angka tersebut maka akan semakin tinggi resolusi dan ketajaman gambar. Mari kita lihat dua standar yang ada sebelum lahirnya resolusi 4K, contoh :

  • 720p adalah resolusi 1280 garis horizontal dengan 720 garis vertikal
  • 1080p adalah resolusi 1920 garis horisontal dengan 1080 garis vertikal

#Artinya, teknologi 4K harusnya 4000+ garis vertikal, bukan? Salah.

4K, bersama dengan UHD, Super UHD, dan SUHD, saat ini semua berarti resolusi horizontal sekitar empat ribu baris. Bahkan, kebanyakan resolusi “4K” yang ditampilkan adalah 3820 × 2160. Ini dikenal dalam broadcast sebagai UHD-1. TERDAPAT JUGA spesifikasi 4K yang mencapai 7680 × 4320 yang dikenal sebagai UHD-2, tetapi saat ini tidak ada display tingkat konsumen yang mendukung spesifikasi itu, dan tidak ada konten konsumen yang sudah tersedia untuk spesifikasi ini.

Ada satu 4K lain di luar sana yaitu: 4096 × 2160. Istilah profesional untuk ini adalah resolusi “DCI 4K” dan digunakan oleh industri film dan televisi untuk memproduksi dan mengatasi konten resolusi tinggi. Resolusi ini disebut “4K” karena berjumlah dua kali lipat resolusi horisontal dan vertikal dari 2K video, akan tetapi banyak produsen yang menjauhi istilah ini dengan tidak mengidentifikasi produk mereka sebagai “4K”, melainkan menggunakan nama dan istilah lain.

#UHD
UHD adalah istilah yang banyak digunakan produsen untuk menggambarkan 4K TV dari 2014 sampai sekarang. TV UHD adalah 4K, yang berarti resolusi mereka 3840 × 2160.
Perbedaan UHD dan SUHD Pada Televisi
  • Samsung menyebut standar 4K mereka sebagai “UHD TV”
  • LG menyebut standar 4K mereka sebagai “4K Ultra HD TV”
  • Sony menyebut standar 4K mereka sebagai “4K Ultra HD TV”
#Super UHD / SUHD
Samsung pertama kali mulai menggunakan istilah SUHD pada tahun 2015; ada banyak pertanyaan pada saat itu apa arti dari “S” tersebut. Ada yang berspekulasi itu berarti “Super” atau “Spectacular”, atau bahkan “Samsung”.
Dalam upaya untuk membedakan diri di pasar, Samsung mengambil set high end display 4K dan diperkenalkan sebagai SUHD. Keunggulan dari display ini adalah implementasi teknologi layar Samsung Quantum Dot, menawarkan variasi warna yang lebih luas dan pengalaman visual yang lebih kaya. SUHD TV, 4K HDR TV, Super UHD TV, dan Ultra HD HDR TV semuanya adalah 4K, yang artinya mereka juga memiliki resolusi yang sama 3840 × 2160.

Semua produsen akhirnya mengikuti juga. LG menjuluki produk non-OLED 4K mereka sebagai “Super UHD” tahun ini. Meskipun resolusi UHD dan SUHD sama, hal ini membantu untuk menunjukkan kepada konsumen display yang telah ditingkatkan teknologi warnanya.
  • Samsung menyebut 4K mereka yang lebih high end “SUHD”
  • LG menyebut 4K mereka yang lebih high end “Super UHD”
  • Sony menyebut 4K mereka yang lebih high end “4K HDR”
  • Memilih untuk naik tingkat dari UHD ke SUHD/ Super UHD/ 4KHDR memberi anda resolusi yang sama, hanya dengan fitur warna yang lebih baik. Informasi dan panduan lengkap silahkan menghubungi hubungi Arjuna Elektronik untuk kebutuhan TV UHD/ SUHD yang terbaik.
Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda mengenai resolusi gambar pada televisi, cukup sekian dari saya dan terimakasih.

0 Response to "Perbedaan UHD dan SUHD Pada Televisi"

Post a Comment