10 Tips Sebelum Membeli Laptop Second

Laptop memang lebih di pilih oleh konsumen dari pada komputer, mungkin alasan setiap individu bisa berbeda - beda tergantung kebutuhan dan kegunaan masing masing User. Kadang kala banyak yang memilih dengan membeli laptop second dari pada dengan membeli yang baru. Perlu kamu ketahui bahwa membeli laptop second anda harus melakukan beberapa pengecekan atau iji kelayakan sebelum membelinya. Tujuannya supaya laptop yang anda beli bukan laptop rusak.

10 Tips Sebelum Membeli Laptop Second ( Bekas ), ini sekiranya bisa membantu anda serta bisa mereview sebelum anda bawa pulang ke rumah.

10 Tips Sebelum Membeli Laptop Second

Pada saat membeli leptop bekas, pastikan anda memeriksa kelengkapannya. Jangan sampai anda merasa tertipu ketika laptop sudah di tangan dan uang sudah tidak ada.


Langsung saja ini dia tips yang perlu anda perhatikan sebelum anda membeli laptop bekas, sebagai berikut :

  • Cek Harga Pasaran Laptop Tersebut
    Sebelum memutuskan membeli sebuah laptop bekas, periksalah pasaran harga bekasnya. Ini sangatlah penting untuk melakukan penawaran. Tidak mungkin anda membeli laptop bekas tanpa tahu harga pasarannya. Bisa jadi anda kena tipu si penjual yang ingin meraup keuntungan yang tinggi.
  • Periksa Kelengkapan Laptop
    Tanyakan kelengkapan laptop bekas yang akan anda beli. Tanyakan apa yang di dapat ketika penjual membeli baru dahulu, dan sesuaikan dengan kondisi ketika anda akan membelinya. Tentu saja anda tidak akan membeli dengan harga tinggi jika kelengkapannya tidak maksimal. Biasanya pembelian laptop berupa laptop, baterai, charge, bisa juga ada tas laptop.
  • Pahami dan teiliti Spesifikasi Laptop Tersebut
    Setiap laptop memiliki spesifikasi yang berbeda. Dari prosessor, mengetahui RAM apakah DDR2 atau DDR3, Hardisk, dan sebagainya. Untuk ini, anda perlu mengetahui harga pasaran tiap komponen pada laptop. Anda juga harus tahu spesifikasi untuk laptop yang sangat lama hingga laptop bekas terbaru.
  • Cek semua segel
    Segel laptop yang utuh menandakan bahwa laptop tidak pernah rusak hingga membuka bagian dalam. Laptop dengan segel utuk menawarkan harga yang lebih tinggi daripada laptop dengan segel yang telah terbuka. Jika segel telah terbuka, pastikan anda mengetahui jenis kerusakan yang terjadi pada laptop tersebut.
  • Periksa Kondisi Baterai dan Charger
    Cek kondisi baterai dan chargernya. Laptop lawas biasanya memiliki baterai portable. Anda bisa mengeceknya dengan mengisi penuh baterai dan memakainya hingga baterai habis. Pelajarilah kenormalan baterai pada laptop bekas tersebut.
  • Cek Layar LCD
    Layar laptop asli dan layar laptop tidak asli sangat berbeda. Pastikan laptop memiliki layar laptop yang masih asli. Artinya laptop tersebut belum pernah mengalami kerusakan pada layar hingga menggantinya. LCD laptop bukan aslinya mengurangi kenyamanan pemakaian karena biasanya tidak memancarkan visual dengan maksimal.
  • Cek Keyboard
    Memeriksa keyboard laptop adalah salah satu tips membeli laptop second. Mungkin saja terjadi jenis kerusakan pada keyboard laptop. Terutama laptop yang dimiliki seorang gamer. Pastikan semua keyboard dalam laptop masih dalam kondisi yang normal.
  • Cek Touchpad
    Ketika anda memeriksa keyboard, periksalah juga touchpadnya. Jangan membeli laptop jikataouchpadnya sudah tidak nyaman digunakan. Karena touchpad bisa diumpamakan sepasang tangan manusia yang memiliki fungsi yang sangat vital.
  • Periksa CD/DVD Drive
    Jarang sekali orang menaruh data di kepingan CD atau DVD sekarang ini. Namun jika anda memutuskan membeli laptop dengan CD/DVD drive, periksalah kenormalan komponen ini. Walaupun jarang digunakan, Drive ini membantu instalasi hardware pada laptop anda, misalnya printer yang drivernya masih berupa kepingan CD.
  • Cek Speaker Laptop
    Ini mungkin memang bukan komponen terpenting sebuah laptop. Tapi memiliki laptop berspeaker kurang maksimal akan mengganggu kegiatan anda berlaptop. Jika speaker tidak normal, pastikan anda mendapat potongan harga dari si penjual.

Mungkin itu yang bisa saya sampaikan mengenai beberapa tips sebelum membeli laptop baru, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang dunia digital, cukup sekian dan terimakasih.

0 Response to "10 Tips Sebelum Membeli Laptop Second"

Post a Comment