5 Perbedaan Memori SSD dengan HDD ( Hardisk )

Memori SSD sama halnya dengan hardisk yang berfungsi sebagai media penyimpanan data. Meskipun sama untuk menyimpan data tetapi Memori SSD dan HDD memiliki perbedaan baik dari segi harga maupun kecepatan kerja.

5 Perbedaan Memori SSD dengan HDD ( Hardisk )

5 Perbedaan Memori SSD dengan HDD ( Hardisk ). Kenapa harddisk atau HDD itu kurang tahan di bandingkan dengan SSD atau solid state drive? Jawabannya adalah karena HDD masih menggunakan cakram magnetis atau piringan keras didalamnya sedangkan SSD merupakan hardisk dengan teknologi non volatille memory sebagai penyimpanannya.

Pada dasarnya SSD dan HDD adalah media penyimpanan yang dapat kita gunakan untuk menyimpan data. Jika HDD menyimpan pada lapisan-lapisan magnetik, lain halnya dengan SSD, SSD menyimpan semua data pada chip-chip emory flash yang saling terhubung satu sama lain.

Meskipun hardisk ( HDD ) sudah tertinggal zaman tetapi masih banyak yang menggunakannya, dibandingkan dengan SSD yang penggunanya masih sedikit karena harga dari Memori SSD masih sangat mahal untuk ukuran saat ini.


Baik langsung saja ini beberapa perbedaan antara memori SSD dengan HDD, sebagai berikut :

  • Bentuk atau Desain dan BeratUntuk material yang terdapat pada HDD, seperti platter, head, dll sangat berpengaruh terhadap ukuran atau dimensi serta berat dari HDD itu sendiri. Karena teknologi HDD sangat bergantung pada putaran piringan, hal ini membuat batasan seberapa kecil HDD dapat diproduksi.

    Sedangkan SSD terbebas dari batasan tersebut, sehingga ukuran SSD dapat disusutkan seiring dengan perkembangan zaman. SSD yang tersedia sekarang adalah 2,5 inci, itu berarti SSD ini hanya diperuntukan untuk penggunaan laptop atau Netebook saja.
  • Segi Harga
    Saat ini untuk harga sebuah SSD masih tergolong cukup mahal. Perbandingan harganya sendiri antara SSD dan HDD hampir 5 kali lipat. Kita ambil contoh saja ya, SSD dengan merek Kingston yang berkapasitas hanya 120 GB harganya untuk saat ini mencapai 600 ribu. Sedangkan HDD dengan harga 600 ribu dudah dapat yang berkapasitas 500 GB perbandingan antara ke duanya cukup signifikan.
  • Komponen Dan Prinsip Kerja
    Bagian mekanik HDD terdiri atas piringan, motor dan lengan yang terhubung ke piringan. Proses penulisan dan pembacaan data dilakukan dengan melalui proses mekanik di mana piringan diputar oleh motor dan ujung dari lengan yang terhubung ke komponen elektronik yang mengolah data membaca atau menulis, menempel pada piringan yang berputar dan melakukan aktivitas penulisan dan pembacaan data.
  • Kecepatan Baca ( Read ) Dan Tulis ( Write )SSD menunjukan perbedaan yang sangat signifikan. Kecepatan baca tulis SSD bahkan 8 kali lebih cepat dibanding dengan HDD. Laptop yang terpasang SSD dapat melewati proses booting dalam hitungan detik, pastinya tidak melebihi 1 menit.

    Sedangkan waktun yang dibutuhkan HDD lebih lama tergantung dengan spesifikasi, dan pastinya tidak melebihi dari kemampuan SSD.
  • Efek yang di timbulkanHDD menerapkan unsur mekanik, sehingga menghasilkan efek samping yang buruk efek yang ditimbulkan antara lain :
    • Panas yang berlebihan
    • Konsumsi daya listrik yang tinggi
    • Putaran motor dan piringan menimbulkan suara noise yang tinggi
          Sedangkan pada SSD tidak memiliki unsur mekanik maka efek yang di timbulkan adalah                    Seperti berikut:
    • Panas atau suhu SSD tidak setinggi HDD.
    • Konsumsi daya listrik sangat kecil
    • Tidak ada putaran motor dan piringan membuat SDD sama sekali tidak berisik.
Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai perbedaan kedua media penyimpanan, semoga bisa bermanfaat dan memantapkan anda untuk menggunakan SSD atau HDD untuk media penyimpanan anda. Cukup sekian dari saya dan terimakasih.

1 Response to "5 Perbedaan Memori SSD dengan HDD ( Hardisk )"

  1. Wah terima kasih atas informasi website sehingga kami memahami mengenai SSD

    Kami juga membahas ini di website kami, Monggo mampir juga sebagai info untuk beberapa informasi tentang manfaat SSD

    https://bangamingadget.com/5-manfaat-ssd/
    terima kasih


    ReplyDelete