Dampak Postif dan Negatif Internet bagi Pelajar

Memang Internet sekarang berkembang pesat, tujuan utamanya adalah untuk menghubungkan seluruh dunia. Seperti dari singkatan Internet yaitu International Network yang menghubungkan ke jaringan internasional.

Dampak Postif dan Negatif Internet bagi Pelajar

Dampak Postif dan Negatif Internet bagi Pelajar. Memang untuk mengakses internet membutuhkan mesin pencari seperti google, Bing, Yahoo dan sebagainya. tetapi untuk saat ini mesin pencari terbesar adalah google, bahkan hampir setiap hari orang mengakses google.

Memang dengan adanya internet dunia pendidikan akan semakin maju dan memberikan informasi yang terbaik mengenai pendidikan. Namun kehadiran internet ini juga menimbulkan dampak negatif bagi pelajar atau seorang siswa. Untuk itu dampak positif dan negatif akan kita jelaskan dibawah ini.


Berikut akan saya bahas mengenai Dampak Postif dan Negatif Internet bagi Pelajar, antara lain :
#Dampak Positif Penggunaan Internet, antara lain :

  • Untuk Mencari Ilmu Pengetahuan
    Dengan semakin pesatnya perkembangan internet di zaman sekarang ini, membuat situs www menjadi salah satu bagian dalam mencari sumber informasi yang lebih akurat lagi.
  • Media Berkomunikasi
    Hal ini merupakan salah satu fungsi dari internet yang lebih banyak digunakan sehingga memudahkan para penggunanya untuk dapat melakukan komunikasi antar pengguna yang lainnya yang ada di seluruh dunia.
  • Saling bertukar Data
    Dengan adanya internet ini maka para pengguna akan lebih mudah serta murah dan cepat untuk melakukan pertukaran data atau informasi ke berbagai belahan dunia misalnya menggunakan email, www, ftp, dan sebagainya.
  • Kemudahan dalam bertransaksi ( Bisnis )
    Dampak positif dari internet seperti berjualan atau membuka Online Shop, sehingga akan mampu meningkatkan ekonomi bagi pelaku usaha Olshop tersebut.

#Dampak Negatif Penggunaan Internet, antara lain :

  • Bahaya Pornografi
    Dampak negatif yang paling nyata dengan kehadiran internet adalah maraknya konten pxrnxgrafi yang beredar dengan bebas di dunia maya ditambah konten tersebut bisa diakses dengan mudah oleh para pelajar.  Meskipun kemeninfo dengan gencar berusaha menghapus konten pxrnx yang beredar di internet namun ibarat jamur, dicabut satu tumbuh seribu.
  • Perilaku Plagiat ( Copy Paste )
    Plagiat atau dalam bahasa kerennya yakni copy paste, Perilaku plagiat dikalangan pelajar sampai level mahasiswa sudah menjadi rahasia umum, walaupun tidak semua pelajar dan mahasiswa melakukan hal demikian namun ketersedian materi dinternet yang begitu banyaka dan mudah untuk didapatkan membuat sebagian pelajar memilih cara instan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru atau dosennya.
  • Media Penipuan
    Sekalipun di internet, penipuan pun tetap terjadi bahkan dapat dengan mudahnya para korban masuk dalam perangkap para penipu tersebut.
  • Cyber Crime
    Dampak negatif internet bagi dunia pendidikan adalah perilaku cyber crime. Cyber crime adalah sebutan bagi mereka yang melakukan kejahatan di dunia maya. Pelajar bisa menjadi bagian dari cyber crime, mengingat kemampuan sebagian pelajar dalam menguasai internet yang begitu cepat sehingga mereka memiliki skill dan kemampuan dalam melakukan perbuatan kejahatan melalui internet.
Mungkin itu setidaknya penjelasan tentang dampak positif dan juga dampak negatif mengenai penggunaan internet, semoga bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi anda supaya sisw atau anak kita terhindar dari dampak negatif dari penggunaan internet. Cukup sekian dari saya dan terimakasih.

0 Response to "Dampak Postif dan Negatif Internet bagi Pelajar"

Post a Comment