5 Cara Merawat Hardisk Komputer Supaya Awet dan Tahan Lama

Hardisk merupakan komponen penting dalam komputer, tanpanya komputer tidak akan berjalan dengan normal sehingga kita wajib memberi perhatian khusus padak komponen ini supaya bisa awet dan tahan lama.

5 Cara Merawat Hardisk Komputer Supaya Awet dan Tahan Lama

5 Cara Merawat Hardisk Komputer Supaya Awet dan Tahan Lama. Hardisk sangat rentan sekali untuk mengalami Bad sector, untuk itu penting bagi kita untuk menjaganya agar tidak gampang mengalami masalah Bad Sector. Biasanya hardisk yang mengalami bad sector ini disebabkan oleh adanya Virus, Software yang tidak kompatible ataupun hardwarenya lemah.


Berikut ini beberapa tahapan merawat hardisk supaya bisa awet dan tahan lama, antara lain :

  • Jangan Matikan Komputer / Laptop tanpa ShutdownSaat kamu hendak mematikan komputer atau laptop dengan cara memilih shutdown, laptop akan menyimpan semua proses yang kamu jalankan ke dalam hard disk. tapi sebaliknya Jika kamu tiba-tiba saja menghentikan kinerja hard disk tanpa shutdown, hard disk jadi kaget dan akan memberikan kerusakan pada silinder hard disk.
  • Rajin Melakukan Defrag Hardisk
    Proses penggunaan aplikasi, browsing, membuat dan membuka dokumen kadang membuat beberapa file jadi terpecah/defrag ke hard disk. Untuk solusinya, kamu bisa melakukan defrag hard disk.
  • Hindari Benturan dan Guncangan
    Setelah bicara dari segi teknis, untuk melindungi hard disk laptop agar tidak cepat rusak adalah dengan menjaganya agar tidak terbentur. Guncangan dan benturan akan membuat komponen laptop jadi terganggu, termasuk hard disk. Untuk itu, selalu simpan laptop di tempat yang aman dari goncangan kencang.
  • Jangan Sering Instal ulang
    Jangan bermain-main dengan install ulang. Proses install ulang sangat berhubungan dengan keawetan hardisk karena hardisk bekerja dengan sangat kerasa ketika proses install ulang berlangsung. Jadi janganlah terlalu sering melakukan install ulang jika memang tidak diperlukan.
  • Partisi HardiskSaat kali pertama menginstal sistem operasi pada laptop, kamu selalu diminta membuat partisi. Partisi ini sangatlah penting untuk mencegah hard disk laptop kamu rusak.

    Dengan adanya partisi di hard disk, maka kamu akan lebih bijak menggunakannya saat menginstal aplikasi atau menyimpan data. Jangan biarkan hard disk penuh, karena risiko penurunan performa akan semakin cepat saat hard disk penuh.

Mungkin itu yang bisa saya sampaikan mengenai cara atau tips merawat hardisk baik itu milik laptop atau komputer, semoga bisa bermanfaat dan menambah sedikit pengetahuan anda tentang menjaga ketahanan komputer. Cukup sekian dari saya dan terimakasih.

0 Response to "5 Cara Merawat Hardisk Komputer Supaya Awet dan Tahan Lama"

Post a Comment