Inilah 5 Gunung Tertinggi di pulau Jawa

Memang di pulau jawa banyak gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini. Pulau Jawa merupakan salah satu pulau di Indonesia yang dilewati oleh sirkum mediterania. Letaknya yang ada di zona konvergen (pertemuan antara lempeng Eurasia dan lempeng IndoAustralia) membuat pulau ini dilengkapi dengan banyak sekali gunung berapi aktif yang menjulang tinggi. Tercatat ada sekitar 49 gunung yang ada di pulau Jawa dengan Gunung Semeru menjadi yang tertinggi.

Inilah 5 Gunung Tertinggi di pulau jawa. Sebagai pengetahuan saja berikut ini ada penjelasan mengenai gunung.

Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaaan, dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal. Beberapa otoritas mendefinisikan gunung dengan puncak lebih dari besaran tertentu; misalnya, Encyclopædia Britannica membutuhkan ketinggian 2000 kaki (610 m) agar bisa didefinisikan sebagai gunung.


Langsung saja berikut ini Daftar Inilah 5 Gunung Tertinggi di pulau Jawa, antara lain :

  • Gunung Semeru
    Inilah 5 Gunung Tertinggi di pulau Jawa
    Dengan puncak Mahamerunya yang mencapai tinggi 3.676 meter di atas permukaan laut, Gunung Semeru menjadi gunung tertinggi di Pulau Jawa. Secara administartif, gunung ini terletak di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang di Jawa Timur. Gunung semeru juga menjadi gunung berapi ke-3 tertinggi di Nusantara, setelah Kerinci di Sumatera Barat dan Gunung Rinjani di NTB.
  • Gunung Slamet
    Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa yang menempati posisi ke-2. Dengan tingginya yang mencapai 3.428 meter di atas permukaan laut, gunung ini juga menjadi gunung tertinggi di Jawa Tengah. Secara administratif, wilayah gunung ini berada di perbatasan Kabupaten Banyumas, Brebes, Tegal, Purbalingga, dan Pemalang.

  • Gunung Sumbing
    Gunung Sumbing adalah gunung api yang tingginya mencapai 3.371 meter di atas permukaan laut. Terletak di tiga kabupaten, yaitu Temanggung, Magelang, dan Wonosobo, gunung yang dijuluki sebagai Kledung Pass ini juga menjadi salah satu gunung tertinggi di Jawa. Tak diketahui secara pasti, kapan terakhir Gunung Sumbing ini meletus, namun kini di puncaknya masih terdapat sebuah kawah yang aktif.


  • Gunung Arjuno
    Gunung Arjuno adalah gunung api bertipe Strato yang tingginya mencapai 3.339 meter di atas permukaan laut. Gunung ini berada di cakupan pengelolaan Taman Nasional Hutan Raya Raden Soerjo. Ia menempati urutan keempat dalam daftar gunung tertinggi di Jawa dan urutan kedua dalam daftar gunung tertinggi di Jawa Timur.




  • Gunung Raung
    Gunung Raung adalah gunung berapi yang terletak di wilayah administratif Kabupaten Bondowoso, Banyuwangi, dan Jember. Dengan tingginya yang mencapai 3.332 meter di atas permukaan laut, gunung ini menjadi salah satu gunung tertinggi di Jawa dan menjadi puncak tertinggi di hamparan kawasan pegunungan Ijen


Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan menambah sedikit pengetahuan anda tentang daftar gunung tertinggi di pulau jawa. Sekian dari saya dan terimakasih sudah berkunjung.

0 Response to "Inilah 5 Gunung Tertinggi di pulau Jawa"

Post a Comment