5 Peninggalan Candi Budha yang masih ada saat ini

Masuknya agama budha di indonesia memang sangat mempengarusi aspek kehidupan masyarakat indonesia saat itu,  sehingga mampu merubah tatanan kehidupan masyarakatnya.

5 Peninggalan Candi Budha yang masih ada saat ini. Agama Budha yang masuk ke Indonesia sejak abad ke 2 Masehi telah banyak mempengaruhi aspek kehidupan masyarakat Nusantara pada masa silam.
5 Peninggalan Candi Budha yang masih ada saat ini

Sedikit penjelasan saja tentang pengertian candi menurut bahasa. Candi adalah istilah dalam Bahasa Indonesia yang merujuk kepada sebuah bangunan keagamaan tempat ibadah peninggalan purbakala yang berasal dari peradaban Hindu-Buddha. Bangunan ini digunakan sebagai tempat pemujaan dewa-dewi ataupun memuliakan Buddha. Akan tetapi, istilah 'candi' tidak hanya digunakan oleh masyarakat untuk menyebut tempat ibadah saja, banyak situs-situs purbakala non-religius dari masa Hindu-Buddha Indonesia klasik, baik sebagai istana (kraton), pemandian (petirtaan), gapura, dan sebagainya, juga disebut dengan istilah candi.


Baik langsung saja berikut ini 5 penginggalan candi budha yang masih ada hingga saat ini, sebagai berikut :

  • Candi Borobudur
    Candi Borobudur adalah candi peningalan agama Budha yang sudah tersohor sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia.
    Candi ini terletak di Magelang, Jawa Tengah tepatnya berada 100 km arah Barat Daya kota Semarang atau 40 km arah Barat Laut kota Yogyakarta. Candi yang diperkirakan dibangun sekitar tahun 800-an Masehi pada masa wangsa Sailendra dari kerajaan Mataram ini berbentuk punden berundak dengan 9 tingkatan, dimana 6 tingkat bagian bawah berbentuk bujur sangkar, sedang 3 tingkat di atasnya berbentuk bundar.
  • Candi Mendut
    Candi peninggalan agama Budha selanjutnya adalah Candi Mendut. Candi ini terletak di Kecamatan Mungkid, Magelang-Jawa Tengah.
    Candi Mendut diperkirakan dibuat pada 824 Masehi, tepatnya pada masa pemerintahan Raja Indra di dinasti Syailendra. Arkeolog Belanda, J.G. de Carparislah yang menemukan jejak keberadaan candi ini pertama kali pada tahun 1908.
  • Candi Ngawen
    Candi Ngawen merupakan sebuah candi Budha yang terletak di desa Ngawen, Muntilan, Magelang.
    Berdasarkan perkiraan, candi Ngawen dibangun pada masa kekuasaan wangsa Syailendra atas Kerajaan Mataram Kuno. J.G. de Carparislah, seorang arkeolog Belanda meyakini jika candi Ngawen ini adalah candi yang disebutkan dalam prasasti Karang Tengah sebagai candi suci bernama veluvana.
  • Candi Lumbung
    Candi Lumbung terletak di kompleks Taman Wisata Candi Prambanan, tepatnya berada di sebelah candi Bubrah.
    Berdasarkan perkiraan, candi ini dibuat pada abad ke-9 Masehi di masa Kerajaan Mataram Kuno. Candi Lumbung adalah kumpulan dari suatu kompleks candi utama bertema candi Buddha yang cukup banyak dikunjungi para wisatawan mancanegara.
  • Candi Banyunibo
    Candi Banyunibo adalah candi peninggalan agama Budha yang berdiri kokoh tidak jauh dari kompleks Candi Ratu Boko.
    Candi yang diperkirakan dibangun pada abad ke 9 Masehi ini memiliki sebuah stupa di bagian atasnya yang merupakan ciri khas dari candi bercorak Budha

Mugkin itu saja dari saya mengenai peninggalan candi budha yang masih ada hingga saat ini menurut dodografis, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang sejarah, sekian dari saya dan terimakasih.

0 Response to "5 Peninggalan Candi Budha yang masih ada saat ini"

Post a Comment