Berikut Ini 5 Candi Peninggalan Majapahit Yang masih ada hingga Saat ini

Memang kerajaan majapahit merupakan kerajaan yang besar pada masa lalu, sehingga penggalannya masih ada hingga saat ini, yaitu berupa candi.

Berikut Ini 5 Candi Peninggalan Majapahit Yang masih ada hingga Saat ini. Kerajaan Majapahit Nagari Karajan Mɔjɔpait, Sanskerta: adalah sebuah kerajaan yang berpusat di Jawa Timur, Indonesia, yang pernah berdiri sekitar tahun 1293 hingga 1500 M. Kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya menjadi kemaharajaan raya yang menguasai wilayah yang luas di Nusantara pada masa kekuasaan Hayam Wuruk, yang berkuasa dari tahun 1350 hingga 1389.

Kerajaan Majapahit adalah kerajaan Hindu-Buddha terakhir yang menguasai Nusantara dan dianggap sebagai kerajaan terbesar dalam sejarah Indonesia. Menurut Negarakertagama, kekuasaannya terbentang dari Jawa, Sumatera, Semenanjung Malaya, Kalimantan, hingga Indonesia timur, meskipun wilayah kekuasaannya masih diperdebatkan.

Jadi meskipun sudah lama peninggalan kerajaan majapahit ini masih ada hingga saat ini, berikut 5 peninggalan candi kerajaan majapahit yang masih ada hingga saat ini :
  • Candi Sukuh
    Candi peninggalan Kerajaan Majapahit yang pertama adalah Candi Sukuh. Candi ini terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar-Jawa Tengah.
    Berikut Ini 5 Candi Peninggalan Majapahit Yang masih ada hingga Saat ini
    Berbeda dengan candi-candi peninggalan kerajaan Majapahit lainnya, Candi Sukuh dianggap memiliki bentuk yang tidak lazim. Di sekitar reruntuhan bangunan ini banyak ditemukan objek Lingga dan Yoni yang menjadi perlambang s3ksual!tas
  • Candi Cetho
    Candi Cetho terletak di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Karanganyar-Jawa Tengah.
    Salah satu candi peninggalan Kerajaan Majapahit ini diperkirakan berasal dari masa akhir keruntuhan kerajaan Majapahit sebelum menjelang keruntuhannya atau tepatnya sekitar abad ke 15 Masehi. Candi ini ditemukan pada tahun 1842 berkat tulisan arkeolog Belanda bernama van de Vlies
  • Candi Pari
    Candi Pari adalah candi peninggalan Kerajaan Majapahit yang terletak Desa Candi Pari, Kecamatan Porong, Sidoarjo - Jawa Timur.
    Candi yang diperkirakan dibangun pada masa pemerintahan Prabu Hayam Wuruk (1350-1389 M) ini terletak sekitar 2 km arah Barat Laut semburan pusat lumpur panas Lapindo Brantas.
  • Gapura Wringin Lawung
    Gapura Wringin Lawang terletak di Desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Mojokerto-Jawa Timur. Terbuat dari bata merah, bangunan yang tingginya 15,5 meter ini diperkirakan dibangun di abad ke 14 Masehi.
    Gaya arsitektunya yang mirip dengan candi Bentar, membuat banyak ahli yang berspekulasi dan menyebut jika bangunan ini merupakan pintu gerbang untuk memasuki kediaman Mahapatih Gajah Mada.
  • Candi Jabung
    Candi Jabung terletak di Desa Jabung, Kecamatan Paiton, Probolinggo-Jawa Timur. Meski hanya terbuat dari susunan batu bata merah, bangunan candi ini nyatanya dapat bertahan lintas zaman.
    Saat lawatannya keliling Jawa Timur di tahun 1359, Raja Hayam Wuruk diperkirakan pernah menyinggahi candi peninggalan Kerajaan Majapahit ini.
Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan sejarah anda, sekian dari saya dan terimakasih.

0 Response to "Berikut Ini 5 Candi Peninggalan Majapahit Yang masih ada hingga Saat ini"

Post a Comment