4 Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi Dan Penjelasan

Karya seni rupa 3 dimensi beda dengan karya seni rupa 2 dimensi, perbedaan-nya karya seni 3 dimensi meiliki Panjang, Lebar dan Tinggi atau sering disebut karya seni yang memiliki Volume dan Ruang.

4 Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi Dan Penjelasan. Karya seni 3 dimensi sebernarnya banyak dan sering kita jumpai dalam kehidupan kita tetapi kita tidak sadr dengan karya tersebut.

Sedikit penjelasan mengenai pengertian Seni rupa 3 Dimensi sebagai berikut.
Seni rupa 3 dimensi, atau biasa kita sebut dengan Seni rupa 3D, merupakan seni rupa yang dibatasi dengan 3 sisi yaitu sisi panjang, sisi lebar dan tinggi atau dalam pengertiannya yaitu karya seni yang memilki volume dan ada di dalam sebuah ruang. Sedangkan seni rupa 2 dimensi hanya memiliki dua batas pada setiap sisinya, yaitu sisi panjang dan sisi lebar, yang menjadi pembeda antara seni rupa 3 dimensi dan 2 dimensi ada di unsur ruang tersebut.


Baik langsung saja berikut ini 4 contoh karya seni rupa 3 dimensi antara lain :

  • Patung
    Salah satu seni rupa 3 dimensi yang paling terkenal adalah patung. Sampai sekarang seni patung semakin berkembang lebih baik dan memiliki nilai seni yang tinggi.
    4 Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi Dan Penjelasan
    Patung biasa dibuat dengan media batu, kayu, logam dan dapat dilihat dari segala arah mata memandang. Patung mempunyai panjang, lebar dan tinggi dan terbuat dari benda padat dan lunak. 
  • Keramik
    Karya seni rupa keramik merupakan cabang seni yang bersifat tradisional sampai kontemporer atau perkembangan seni yang terkena dampak modernisasi. Seni keramik mempunyai fungsi antara lain sebagai kerajinan dengan menggunakan bahan utama dari tanah liat yang harus melalai proses dipijir, butsir, pilin sampai pembakaran dan glasir.
  • Kriya
    Kriya merupakan karya seni yang menggunakan hand skill atau keterampilan tangan dan memperhatikan segi kebutuhan fisik dan segi keindahan. Karya seni kriya termasuk sebagai karya seni rupa terapan nusantara. Kebanyakan kriya digunakan sebagai dekorasi, benda terapan siap pakai seperti furniture, benda mainan seperti boneka. Kriya juga memiliki beragam jenis seperti seni kriya kayu, seni kriya tekstil, seni kriya keramik, seni kriya logam, seni kriya kulit dan seni kriya batu.
  • Arsitektur
    Arsitektur merupakan seni rupa 3 dimensi dan ilmu merancang bangunan, mencakup membangun keseluruhan mulai dari level makro seperti perencanaan kota,
    perancangan kota, arsitektur lansekap sampai ke level mikro seperti desain bangunan, desain perabot dan desain produk.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, mengenai contoh karya seni 3 dimensi, cukup sekian adri saya semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang karya seni rupa 3 dimensi, sekian dan terimakasih.

0 Response to "4 Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi Dan Penjelasan"

Post a Comment