Nama Asli Walisongo ( 9 Sunan ) Di Tanah Jawa

Bagi orang jawa mungkin sudah tidak asing dengan nama WALISONGO, karena 9 sunan ini yang berjasa dan berjuang menyebarkan agama islam di tanah jawa. Sehingga tanah jawa mayoritas penduduknya beragama islam.

Nama Asli Walisongo ( 9 Sunan ) Di Tanah Jawa

Nama Asli Walisongo ( 9 Sunan ) Di Tanah Jawa. Walisongo atau Walisanga dikenal sebagai penyebar agama Islam di tanah Jawa pada abad ke 14. Mereka tinggal di tiga wilayah penting pantai utara Pulau Jawa, yaitu Surabaya-Gresik-Lamongan-Tuban di Jawa Timur, Demak-Kudus-Muria di Jawa Tengah, dan Cirebon di Jawa Barat.

Era Walisongo adalah era berakhirnya dominasi Hindu-Budha dalam budaya Nusantara untuk digantikan dengan kebudayaan Islam. Mereka adalah simbol penyebaran Islam di Indonesia, khususnya di Jawa. Tentu banyak tokoh lain yang juga berperan.


Jadi berkat perjuangan dakwahnya para wali allah ini bisa mengislamkan tanah jawa yang mayoritas bergama Hindu Budha menjadi ISLAM. Berikut ini nama asli 9 walisongo atau sunan di tanah jawa, antara lain :

  • Maulana Malik Ibrahim, sunan walisongo yang paling lebih dahulu ada. Beliau dikabarkan berasal dari Persia dan kemudian menetap dan berkedudukan di Gresik, jawa Timur.
  • Sunan Ampel (Ngampel), sunan walisongo yang memiliki nama asli Raden Rahmat dan berkedudukan di Ngampel, dekat Surabaya.
  • Sunan Bonang, sunan walisongo yang semula bernama Makdum Ibrahim ini adalah anak kandung dari Sunan Ampel. Ia berkedudukan di Bonang, dekat Tuban.
  • Sunan Drajat, sunan walisongo yang awalnya bernama Masih Munat ini adalah adik dari Sunan Bonang. Ia berkedudukan di Drajat, dekat Sedayu, Surabaya.
  • Sunan Giri, sunan yang semula bernama Raden Paku ini adalah asli murid dari Sunan Ampel. Ia berkedudukan di bukit Giri, dekat Gresik.
  • Sunan Muria, sunan yang berkedudukan di sungai Muria, Kudus.
  • Sunan Kudus, sunan yang semula bernama Udung ini berkedudukan di Kudus.
  • Sunan Kalijaga, sunan yang bernama asli Joko Said ini berkedudukan di Kadilangu, Demak.
  • Sunan Gunung Jati, atau yang bernama asli Syarif Hidayatullah merupakan satu-satunya anggota wali songo yang menyebarkan agama Islam di Jawa Barat. Ia lahir sekitar tahun 1450 M dan wafat pada usia 120 tahun atau sekitar tahun 1520 

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita tentang sejarah dan mengetahui siapa nama asli 9 wali di tanah jawa, sekian dari saya dan terimakasih.

0 Response to "Nama Asli Walisongo ( 9 Sunan ) Di Tanah Jawa"

Post a Comment