8 Spot Diving Terbaik di Taman Nasional Bunaken

Memang pemandangan bawah laut bunaken sangat mempesona dan menarik mata kita untuk melihatnya. Banyak yang bilang tempat wisata ini surganya para turis untuk menikmati keindahan bawah laut yang ada di indonesia.

8 Spot Diving Terbaik di Taman Nasional Bunaken

8 Tempat Penyelaman (Spot Diving) Terbaik di Taman Nasional Bunaken. Memang Pemandangan bawah laut Bunaken yang sangat mempesona memang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja, berbagai jenis spesies terumbu karang yang sangat menakjubkan dengan bentuknya yang unik membentuk lekukan lekukan indah membuat mata Anda akan terpukau olehnya, disamping itu keindahan yang dihasilkan dari terowongan - terowongan mungil yang ada dibawah laut, menjadikan tempat ini surga bawah laut yang mustahil ditemukan ditempat lain.

Taman Nasional ini berada di Provinsi Sulawesi Utara, tepatnya di wilayah Liang Beach, Bunaken, Wori, Kota Manado, Sulawesi Utara.


Pesona Taman Nasional Bunaken juga menjadi salah satu surganya para traveler yang menyukai scuba diving . Terdapat 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter, 12 titik selam di antaranya berjajar dari bagian tenggara hingga bagian barat memberikan suguhan underwater great walls atau yang biasanya juga disebut juga dengan hanging walls yang merupakan dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas setinggi 25-50 m. Dinding karang inilah yang menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken.

Langsung saja berikut  8 Spot Diving Terbaik di Taman Nasional Bunaken, antara lain :

  • Bunaken Timor
    Bunaken Timor merupakan salah satu tempat snorkeling yang direkomendasikan, akan tetapi perlu diingat tempat ini memiliki arus bawah laut yang kuat. Anda akan banyak sekali  menemukan species ikan yang hidup dikawasan ini. Selain itu  beberapa jenis terumbu karang juga menghiasi pesona bawah lautnya walaupun mungkin tidak se-spektakuler yang lainya. Akan tetapi Anda bisa menyaksikan kehidupan pari elang, hiu, penyu, dan beberapa ikan besar yang berenang kian kemari, tidak hanya itu pemandangan yang disuguhkan oleh juntaian rumput laut serta gua-gua kecil yang menghiasi dinding - dindingnya akan menghipnotis siapa saja yang menyaksikan pemandangan tempat ini.
  • Mandolin
    Mandolin merupakan sebuah taman laut yang mempunyai dinding dan puncak karang yang dihuni oleh ribuan ikan ikan yang hidup bergerombolan seperti unicornfish, surgeonfish, bannerfish, dan ikan penembak. Ikan - ikan disini sangat jinak sehingga mudah sekali untuk didekati.
  • Muka Gereja
    Sama seperti tempat snorkeling lainya di Bunaken, Muka gereja merupakan tempat yang sangat indah yang sayang sekali untuk dilewatkan disini juga banyak terdapat ribuan ikan yang berada di perairan dangkal serta palung - palung yang terbentang menuju ke dinding - dinding laut.
  • Puncak Barakuda
    Puncak Barakuda merupakan salah satu tempat snorkeling terjauh yang terletak di barat laut Bunaken. ditempat ini Anda akan menemukan Segerombolan Barakuda raksasa yang berenang di antara ikan tuna dan ikan jack. Oleh karena itu tempat ini disebut dengan Puncak Barakuda.
  • Reruntuhan  kapal di Manado
    Lokasi selanjutnya adalah Reruntuhan Kapal di Manado, Kapal panjang yang mempunyai ukuran 60 m ini berada di bawah laut dengan kedalaman 78  kaki atau sekitar 23 m di bawah laut. Konon kapal ini dulunya adalah kapal milik pedagang Jerman yang tenggelam pada tahun 1942 di dekat Pantai Molas . Kapal ini terbelah dibagian tengahnya sehingga memperlihatkan ruang kemudi serta pegangan kargonya, ditempat ini jarak pandang yang bisa dijangkau sekitar 10 sampai 15 m.
  • Siladen
    Tempat snorkeling selanjutnya adalah Siladen. tempat ini mempunyai dinding - dinding karang yang halus serta membentuk pemandangan yang indah dan akan terlihat hidup ketika arus datang. Lokasi Laut dangkalnya memperlihatkan keindahan tersendiri dengan ikan-ikan dan schooling snappers.
  • Tanjung kopi
    Tempat lainya yang bisa dijadikan tujuan penyelaman adalah Tanjung Kopi. Tanjung Kopi merupakan sebuah tembok kecil yang juga banyak di huni oleh segerombolan ikan barakuda dan ikan sweetlip. ditempat ini jarak pandang di lokasi air dangkal kurang begitu baik, tetapi yang membuat menarik tempat ini adalah banyaknya jumlah ikan yang bisa Anda amati. salah satu contoh species ikan yang hidup di tempat ini adalah Ikan Nudi branch dan Ikan Api Gobi.
  • Tembok Lekuan (I, II, III)
    Tembok Lekuan (I, II, III) merupakan sebuah tembok panjang yang ada di Bunaken, tempat ini terbagi menjadi tiga tempat lokasi yaitu Lekuan I, II, dan III. Ketiga - tiganya memiliki sebuah taman laut  yang bisa dikatakan terbaik dari tempat - tempat lain di Bunaken. Tembok Lekuan memiliki dinding - dinding yang curam serta celah - celah dinding yang dalam, tidak hanya itu disini Anda akan menemui kipas angin laut dan spons raksasa serta beberapa lokasi yang dangkal dan dipenuhi oleh ikan Kakak Tua Besar yang bergerombol berombongan serta penyu - penyu yang hidup di kawasan ini.



Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat serta bisa membantu anda dalam mencari tempat wisata untuk mengisi waktu liburan anda, sekian dari saya dan terimakasih.

0 Response to "8 Spot Diving Terbaik di Taman Nasional Bunaken"

Post a Comment