7 Tips Mudah untuk mendapatkan Modal Usaha

Memang cukup sulit bagi kita yang tidak memiliki modal untuk usaha, apalagi jika keuangan pada keluarga kita tidak cukup untuk modal usaha. 7 Tips Mudah untuk mendapatkan Modal Usaha. Apalagi jika kita baru terjun dalam dunia usaha pasti akan membutuhkan modal yang besar serta membutuhkan pemikiran yang kreatif mengenai ide ide untuk berusaha.

7 Tips Mudah untuk mendapatkan Modal Usaha

Selain itu, modal merupakan kunci utama yang harus Anda miliki dan siapkan untuk memulai usaha. Sering kali modal merupakan penghambat utama bagi Anda yang ingin membuka usaha. Anda harus memikirkan bagaimana cara mendapatkan modal minimal untuk membuka usaha.


Baik langsung saja untuk 7 tips mudah mendapatkan modal usaha, antara lain :

  • Pinjam Uang di BANK
    Hal pertama yang kita lakukan saat belum  mendapatkan modal untuk usaha adalah dengan meminjam uang. Baik meminjam ke saudara, teman, atau bahkan ke bank. Meminjam uang di Bank adalah jalan alternatif yang paling sering dan paling banyak digunakan oleh masyarakat ketika mengalami kesulitan mendapatkan modal usaha. Biasanya, meminjam uang di bank dibutuhkan keberanian dan juga aset
  • Menggunakan uang tabungan
    Mungkin Anda akan merasa sedikit keberatan menggunakan tabungan sebagai modal usaha. Banyak pertimbangan yang Anda pikirkan saat menggunakan uang tabungan untuk modal. Untung rugi sudah pasti meruoakan hal yang wajib diperhatikan oleh para penggiat usaha. Namun tidak ada salahnya menggunakan uang tabungan sebagai modal usaha, apalagi jika Anda memang sejak awal berniat menabung sebagai modal untuk membuka usaha.
  • Menjual Aset 
    Sebagian orang mungkin akan berpikir dua kali untuk  menjual aset-aset pribadi milik mereka. Namun bagi Anda yang membutuhkan modal untuk membuka usaha dapat memikirkan cara ini. Jika Anda memiliki aset-aset penting seperti emas, properti dan surat-surat penting lainnya, Anda bisa menjualnya untuk dijadikan modal usaha. Mungkin Anda menyayangkan aset-aset Anda akan jatuh ke tangan orang lain.
  • Menggadaikan Aset
    Jika Anda memiliki aset-aset penting seperti surat atau sertifikat tanah, surat-surat motor seperti BPKB dan STNK dan aset penting lainnya, kenapa tidak digadaikan saja? Menggadaikan aset merupakan jalan alternatif bagi Anda yang membutuhkan modal untuk membuka usaha namun sayang untuk menjual aset Anda. Anda dapat menggadaikan aset Anda ke perusahaan gadai.
  • Bisnis dengan Teman
    Mempunyai teman yang sama-sama memiliki ketertarikan dengan dunia bisnis dan mulai tertarik untuk membuka usaha, tidak ada salahnya Anda mengajaknya menjadi partner bisnis Anda. Anda bisa bergabung ke dalam project bisnis teman Anda atau sebaliknya teman Anda yang bergabung ke dalam project Anda. Ini akan membantu dalam urusan modal. Anda akan terbantu dengan tidak memikirkan modal sendirian.
  • Meminjam Uang dari Keluarga atau teman
    Keluarga adalah orang-orang terdekat dan ternyaman bagi setiap orang. Keluarga juga merupakan orang yang paling memahami dan mengerti kita. Begitupun saat kita mengalami kesusahan, keluarga adalah orang pertama yang akan mebantu dan tetap setia menemani. Jika Anda mengalami masalah dengan modal untuk membuka usaha, tidak ada salahnya Anda mencoba meminjam uang ke keluarga Anda.
  • Ide Kreatif
    Dalam memulai bisnis atau usaha, tdak cukup bermodalkan uang yang cukup. Namun hal yang tidak kalah penting lainnya dalam memulai bisnis atau memulai usaha adalah ide yang cemerlang dan kreatif. Jika Anda tidak memiliki ide yang kreatif, Anda hanya akan bisa meniru apa yang terlebih dahulu telah dilakukan orang lain. Usaha yang kreatif tentunya akan menjual dan Anda bisa mencari sponsor untuk modal Anda memulai membuka usaha atau bisnis.

Itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai tips tersebut, semoga bisa bermanfaat dan menambah sedikit wawasan anda mengenai dunia usaha, cukup sekian dari saya dan terimakasih.

0 Response to "7 Tips Mudah untuk mendapatkan Modal Usaha"

Post a Comment