5 Tips Menjaga Dan Merawat Aki Motor Supaya Awet Dan Tahan Lama

Memang aki merupakan komponen yang penting dalam penggunaanya di sepeda motor, jadi kita harus bisa merawat dan menjaganya supaya tidak cepat soak (mati).

5 Tips Menjaga Dan Merawat Aki Motor Supaya Awet Dan Tahan Lama, Aki adalah salah satu komponen pada motor yang memiliki peran penting dalam penggunaannya. Selain menjadi kunci utama agar starter motor Anda dapat dinyalakan, aki juga berfungsi untuk menyalakan komponen kelistrikan lainnya, seperti head lamp, lampu sign, dan lampu indikator lainnya.

5 Tips Menjaga Dan Merawat Aki Motor Supaya Awet Dan Tahan Lama

Pada Dasarnya aki sepeda motor itu ada 2 yaitu aki kering dan aki basah.

Aki Kering Aki ini mengandung gel sebagai pengganti cairan elektrolit. Gel ini memiliki sifat yang sulit menguap, bahkan sekalipun menguap, sisa pembuangan uapnya akan masuk lagi ke dalam wadah aki sehingga Anda tidak perlu melakukan proses isi ulang seperti pada aki basah. Oleh karena itu aki ini dikatakan maintenance free (bebas perawatan) dan tahan lama.

Aki Basah Aki ini disebut aki basah karena di dalamnya memiliki cairan berupa asam sulfat (H2SO4). Dan untuk aki jenis ini diperlukan perawatan secara berkala, karena cairan di dalam aki harus tetap terjaga pada batas diatas minimal agar aliran arusnya bisa maksimal dan membuatnya tidak mudah rusak.


Itu sedikit pembuka saja, dan langsung saja ini dia 5 tips menjaga Dan Merawat Aki Motor Supaya Awet Dan Tahan Lama, antara lain :

  • Perhatikan Penggunaan Aksesoris Pada Motor Anda
    Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah lebih kepada cara penggunaan motor Anda sendiri. Usahakan untuk tidak menggunakan aksesoris yang berlebihan pada motor, terutama yang menggunakan energi listrik. Contohnya seperti menambah lampu-lampu lain sebagai hiasan, perangkat audio rakitan, atau mengubah tipe klakson motor melebihi batas yang dianjurkan.
  • Jangan Menyalakan Starter Elektrik Secara Paksa Apabila Motor Anda Susah Untuk Dinyalakan
    Sebaliknya, gunakan starter manual (engkol) sebagai gantinya. Starter elektrik yang menggunakan aki sebagai sumber dayanya sebenarnya dirancang selain untuk mempermudah proses menyalakan motor, juga digunakan pada keadaan darurat seperti motor mati mendadak di jalan raya.
  • Nyalakan Motor Anda Minimal 15 Menit Setiap Harinya
    Pada bagian dalam aki terdapat 2 buah plat (masing-masing memiliki kutub negatif dan positif) yang berbahan dasar kalsium timbal (PbCa). Dengan bantuan kiprok (sejenis Diode Bridge) yang menyuplai arus listrik ke aki, plat ini akan bereaksi dengan cairan asam sulfat dan menghantarkan energi listrik menuju komponen-komponen kelistrikan lainnya.
  • Pada Saat Hendak Mematikan Motor, Usahakan Agar Komponen Kelistrikan Lainnya Seperti Head Lamp & Lampu Sign Dalam Kondisi Mati
    Hal ini bertujuan agar pada saat motor akan dinyalakan kembali, konsumsi aki yang dibutuhkan (beban aki) tidak terlalu besar.
  • Selalu periksa Ketinggian Cairan Yang Terdapat Di Dalam Aki
    Usahakan agar tidak melebihi batas atas dan bawah yang tertera. Jika sudah mendekati batas bawah, segera tambahkan cairan H2O (air suling) ke dalam aki hingga hampir menyentuh batas atas.

Itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan menambah sedikit pengetahuan anda dalam menjaga dan merawat aki motor anda, cukup sekian dari saya dan terimakasih.

0 Response to "5 Tips Menjaga Dan Merawat Aki Motor Supaya Awet Dan Tahan Lama"

Post a Comment