Cara Mengetes Power Supply komputer tanpa Motherboard

Cara Mengetes Power Supply komputer tanpa Motherboard
Cara Mengetes Power Supply komputer tanpa Motherboard, cara ini bisa juga di gunakan untuk menyalakan power supply tanpa menggunakan Casing. Maka dari itu kita tidak usah repot - repot untuk mengetes power supply dengan PC / komputer lengkap, kita tinggal menyambungkan beberapa PIN atau konektor yang di gunakan sebagai Saklar, sehingga tidak usah menghubungkan kabel menuju Motherboard dan menyalakan-nya tidak usah menekan dengan tombol Power pada PC. Sebenar-nya cara ini lebih memudahkan kita untuk mencari trouble dari komputer dari sistem kelistrikan pada Komputer. Ataupun cara ini di gunakan untuk mengetes daya yang di hasilkan pada Power Supply komputer tersebut mulai dari 3V, 5V hingga 12V. Untuk itu sebelum kita memulai untuk praktik mengenai cara ini mari kita cari tahu tentang penjelasan dari Power Supply. Untuk penjelasan-nya bisa Anda baca berikut ini dengan teliti.

PENGERTIAN POWER SUPPLY

Power supply adalah perangkat keras berupa kotak yang isinya merupakan kabel-kabel untuk menyalurkan tegangan ke dalam perangkat keras lainnya. Perangkat keras ini biasanya terpasang di bagian belakang (di dalam) casing komputer. Input power supply berupa arus bolak-balik (AC) sehingga power supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah). Besarnya listrik yang mampu ditangani power supply ditentukan oleh dayanya dan dihitung dengan satuan Watt.

FUNGSI POWER SUPPLY

Power Supply berfungsi sebagai penyuplai tegangan listrik langsung kepada komponen-komponen yang berada di dalam casing komputer. Power Supply juga berfungsi untuk mengubah tegangan AC menjadi DC, karena perangkat keras komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC.

Mungkin itu sedikit penjelasan mengenai Power Supply komputer dan juga fungsi-nya. Semoga bisa sedikit menambah ilmu pengetahuan Anda tentang Power Supply komputer. Mungkin langsung saja untuk tutorial-nya bisa Anda lihat cara mengetes-nya dengan men JUMPER PIN atau kabel pada Power supply Berikut ini.

  1. Cara yang pertama siapkan alat yang akan di gunakan untuk mengetes power supply tersebut seperti Kabel Power Komputer, Power Supply, Isi Streples atau kabel.
    Cara Mengetes Power Supply komputer tanpa Motherboard
  2. Setelah itu jumper atau sambungkan kabel Warna Hijau dengan kabel warna Hitam.
  3. Untuk penjelasan-nya warna hijau itu di gunakan sebagai SAKLAR sedangkan Hitam sebagai Ground.
  4. Kira kira untuk gambar-nya seperti berikut ini.
  5. Jika sudah siap dan tepat tinggal kita Coba nyalakan dengan di sambungkan ke listrik.
  6. Jika berhasil maka kipas pada Power Supply akan menyala.
  7. Selamat Mencoba semoga berhasil.
  8. Terimakasih.
Mungkin itu sedikit tips yang bisa saya bagikan mengenai cara mengetes Power Supply komputer semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan ragu untuk mencoba hal baru seperti ini dan jangan takut cara ini sudah saya coba sendiri dan telah berhasil. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar untuk penjelasan yang kurang paham dan kurang jelas, serta Anda bisa request untuk judul artikel yang sesuai tema, terimakasih.

0 Response to "Cara Mengetes Power Supply komputer tanpa Motherboard"

Post a Comment