Penjelasan dan Fungsi GUNUNG Menurut Sains dan Al- Quran

Memang didalam Al-Qurn'an sudah di jelaskan mengenai fungsi adanya gunung di bumi, karena bermakna dan mempunyai tujuan yang sangat baik.

Penjelasan dan Fungsi GUNUNG Menurut Sains dan Al- Quran.
Seperti di jelaskan dalam surah An-Nahl : 15
yang artinya : "Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk,"
Penjelasan dan Fungsi GUNUNG Menurut Sains dan Al- Quran
Didalam ilmu sains gunung memiliki fungsi dan tujuan yang sangat di perlukan oleh bumi di karenakan gunung berapi merupakan pasak raksasa dari bumi yang akar dari gunung berapi tersebut 10 – 15 kali lipat dari ketinggianya. Gunung juga berfungsi sebagai pasak untuk meminimalkan guncangan litosfer ketika bergerak. Walaupun banyak korban nyawa dan materi namun meletusnya gunung berapi juga membawa segi positif bagi sebagian orang bahkan untuk seluruh bumi. Bencana geologis lainnya, seperti gempa bumi dan tsunami.


Berikut ini fungsi dan penjelasan mengenai gunung berapi secara keseluruhan, sebagai berikut :

  1. Bertindak sebagai stabilizer, yaitu menjaga keseimbangan suhu antara permukaan dan perut bumi.
  2. Merawat lapisan atmosfernya dalam jangka panjang, yaitu gunung berapi dapat Mendinginkan (langit) atmosfer bumi dari kenaikan temperatur atmosfer bumi akibat peningkatan suhu matahari.
  3. Bertindak sebagai jangkar atau rem gerakan lempeng bumi, yaitu menjaga pergerakan lempeng bumi agar tidak bergerak terlalu besar, karena jika lempeng bumi bergerak tanpa adannya pembatas atau penghambat, maka permukaan bumi akan hancur, dan manusia akan punah seketika.
  4. Penyubur makhluk tanah dan Bertindak sebagai tandon air di Planet Bumi, yaitu bahwa material-material yang dikelurkan oleh gunung berapi mengandung unsur hara yang sangat tinggi dan bisa bertahan dalam jangka waktu yang sangat panjang.
  5. Membentuk rona baru di Planet Bumi, yaitu dengan meletusnya gunung berapi dapat memberikan penyegaran atau perubahan baru pada bentuk permukaan bumi.
  6. Mendatangkan Hujan Orografis atau hujan Naik Pegunungan.
  7. Bisa dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Panas bumi.
  8. Sebagai Objek Wisata.
  9. Selain mengandung unsure hara yang berlimpah, material yang dimuntahkan oleh gunung berapi juga mengandung zat seperti balerang dan batuan granit.

Setidaknya itu sedikit penjelasan serta fungsi mengenai gunung berapi, semoga bisa bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita, sekian dan terimakasih.

1 Response to "Penjelasan dan Fungsi GUNUNG Menurut Sains dan Al- Quran"