5 Hal Wajib Dalam Merawat Burung Berkicau

Memang memiliki sebuah burung yang rajin berkicau merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya, sehingga kita selalu memperhatikan dan merawat burung berkicau tersebut. Salah satu burung berkicau yang banyak di gemari di indonesia adalah jenis burung Murai Batu, kacer, Lovebird, Cendet, Cucak hijau maupun jenis burung yang lainnya.
5 Hal Wajib Dalam Merawat Burung Berkicau
Dalam merawat burung berkicau kita harus memperhatikan 5 Hal Wajib Dalam Merawat Burung Berkicau ini supaya burung itu tetap sehat dan selalu rajin berkicau. 5 hal ini sebenarnya sangat simpel dan mudah tergantung kita saja mau apa tidak untuk melakukannya, karena tujuannya sangat baik yaitu menjaga kesehatan dari burung berkicau tersebut.


Baik berikut ini 5 Hal Wajib Dalam Merawat Burung Berkicau supaya sehat dan gacor :

  • Pembersihan Kandang
    Membersihkan kandang atau sangkar burung juga menjadi hal penting berikutnya supaya burung rajin berkicau sebab burung sangat senang jika tempat tinggalnya tetap bersih dari berbagai kotoran yang menempel di kandang.
  • Pengembunan
    Pengembunan yang dilakukan sebelum burung dijemur yang juga harus dilakukan pada cara memelihara burung lovebird. Pada pagi hari sekitar jam 5 pagi, sangkar burung bisa diletakkan pada dahan pohon supaya burung bisa mendapatkan udara yang segar untuk meningkatkan pernapasan.
  • Berlatih dengan Cermin
    Gunakan cermin untuk melatih mental burung mengeluarkan bunyi sebagai naluri burung saat mereka sedang tersaingi karena melihat bayangannya di cermin.
  • Ajarkan Mastering dengan MP3Perawatan selanjutnya supaya burung rajin berkicau adalah dengan memutarkan suara burung sejenis lewat MP3. Ini sangat penting untuk menguatkan mental burung yang terbilang masih liar.

    Pilih suara burung sejenis yang merdu atau suara burung yang sudah menang perlombaan. Lakukan pemasteran dengan jeda 5 menit bunyi dan 5 menit diam serta suara yang dijadikan pemasteran dipilih yang tidak terlalu panjang dan tidak terlalu banyak variasi. Untuk tahap awal, pilih 1 suara dulu seperti contohnya suara jangkrik. Lakukan ini sebanyak 3 kali sehari selama 1 jam bisa pagi, siang dan malam.

  • Jemur Pagi Hari dan Sore Hari
    Setelah pengembunan yang dilakukan pada pagi hari, selanjutnya burung juga harus dijemur sekitar jam 7 pagi supaya bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup dan tubuh burung bisa lebih hangat.
Mungkin itu saja yang bisa saya share, semoga bisa bermanfaat dan menambah sedikit pengetahuan kita dalam merawat burung berkicau, sekian dan terimakasih.

0 Response to "5 Hal Wajib Dalam Merawat Burung Berkicau"

Post a Comment