Daftar 7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Pulau jawa merupakan sebuah pulau yang di lewati oleh sirkum mediterania sehingga memiliki banyak gunung berapi aktif di pulau tersebut. Dikarenakan letaknya di di zona konvergen yang merupakan pertemuan antara lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia sehingga membuat tipe gunung di pulau jawa menjulang tinggi.
Daftar 7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa
Daftar 7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa. Peranan gunung memang penting bagi salah satunya adalah untuk menjaga keseimbahan suhu panas di perut bumi dan juga berperan untuk merawat asmosfer jangka panjang.

itu sedikit peranan atau fungsi dari gunung, berikut ini sedikit penjelasan mengenai gunung, sebelum kita lanjut membahas  Daftar 7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa. 

Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaaan, dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal. Beberapa otoritas mendefinisikan gunung dengan puncak lebih dari besaran tertentu; misalnya, Encyclopædia Britannica membutuhkan ketinggian 2000 kaki (610 m) agar bisa didefinisikan sebagai gunung.


Baik langsung saja berikut ini Daftar 7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa, antara lain:

  1. Gunung Semeru, 3.676 mdpl
    Gunung Semeru atau Sumeru adalah sebuah gunung berapi kerucut di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat.
  2. Gunung Slamet, 3428 mdpl
    Gunung Slamet adalah sebuah gunung berapi yang terdapat di Pulau Jawa. Gunung ini berada di perbatasan Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah, dan merupakan yang tertinggi di Jawa Tengah serta kedua tertinggi di Pulau Jawa. Kawah IV merupakan kawah terakhir yang masih aktif sampai sekarang, dan terakhir aktif hingga pada level siaga medio-2009.
  3. Gunung Sumbing, 3.371 mdpl
    Gunung Sumbing adalah gunung api yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia. Tegak setinggi 3.371 meter dari permukaan laut, gunung ini terletak di tiga kabupaten Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang, Temanggung, dan Wonosobo. Bersama-sama dengan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing membentuk bentang alam gunung kembar, seperti Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, apabila dilihat dari arah Temanggung.
  4. Gunung Arjuno, 3.339 mdpl
    Gunung Arjuno (atau Gunung Arjuna, dalam nama kuna) adalah sebuah gunung api bertipe Strato dengan ketinggian 3.339 m dpl dan berada di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Gunung Arjuno merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Timur setelah Gunung Semeru, serta menjadi yang tertinggi keempat di Pulau Jawa.
  5. Gunung Raung, 3.332 mdpl
    Gunung Raung merupakan sebuah gunung berapi yang terdapat di Jawa Timur, Indonesia dan mempunyai ketinggian setinggi 3.332 meter. Gunung Raung mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.
  6. Gunung Lawu, 3.265 mdpl
    Gunung Lawu terletak di Pulau Jawa, Indonesia, tepatnya di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Status gunung ini adalah gunung api "istirahat" (diperkirakan terahkir meletus pada tanggal 28 November 1885) dan telah lama tidak aktif, terlihat dari rapatnya vegetasi serta puncaknya yang tererosi.
  7. Gunung Welirang, 3.156 mdpl
    Gunung Welirang adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Gunung Welirang terletak pada satu punggungan yang sama dengan Gunung Arjuno, Gunung Kembar I, dan Gunung Kembar II.
  8. Gunung Sindoro, 3.150 mdpl
    Gunung Sindara, biasa disebut Sindoro, atau juga Sundoro (altitudo 3.150 meter di atas permukaan laut) merupakan sebuah gunung volkano aktif yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia, dengan Temanggung sebagai kota terdekat. Gunung Sindara terletak berdampingan dengan Gunung Sumbing.

Itu salah 7 dari gunung tertinggi yang ada di pulau jawa, semoga topik bahasan ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita. sekian dan terimakasih sudah berkunjung.

0 Response to "Daftar 7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa"

Post a Comment