Cara Mengatasi Touchpad laptop Jalan sendiri 100% Work

Cara Mengatasi Touchpad laptop Jalan sendiri 100% Work
Cara Mengatasi Touchpad atau Mouse laptop Jalan sendiri 100% Work. Masalah ini pernah saya alami dan alhamdulliah bisa saya atasi sendiri tanpa di bawa ke tukang service laptop. Sebenarnya masalah ini cukup sepele dan cukup simpel untuk mengasinya tetapi sangat sulit bagi belum mengetahu caranya.

Bantalan sentuh atau touchpad (bahasa Inggris: touchpad; trackpad) adalah peranti penunjuk berupa permukaan khusus yang dapat menerjemahkan gerakan dan posisi jari pengguna ke suatu posisi relatif pada layar komputer. Peranti ini umum ditemukan pada komputer laptop, PDA, serta beberapa pemutar media portabel. Ukuran bantalan sentuh bervariasi, akan tetapi jarang berukuran lebih dari 40 cm².

Sebenarnya ada 2 cara yang akan saya bahas untuk mengatasi masalah ini, seperti yang saya ketahui saat ini penyebab utama dalam masalah ini ada dua yaitu Software dan Hardware. Jadi sebelum kita mengganti hardware kita coba terlebih dahulu softwarenya yaitu berupa driver yang kurang atau virus yang mengganggu jalanya touchpad.

Baca juga : Cara menghubungkan laptop dengan televisi

Mungkin langsung saja untuk caranya bisa ikuti langkah dan tutorialnya berikut ini dengan teliti dan seksama.

Cara Mengatasi Touchpad laptop Jalan sendiri 100% Work
Cara pertama :

  • Cara ini dengan menghapus Driver toucpad laptop
  • Masuk ke “control panel”=>”system”=>”device manager” 
  • Kemudian cari “mice and other pointing device” => klik simbol (segitiga) di sampingnya kemudian klik kanan pada driver touchpad yang bernama “PS/2 Compatible mouse” =>”Uninstall (hapus driver)” Restart laptop anda. Pada saat windows 7 melakukan booting sekaligus akan menginstal driver touchpad yang baru dan touchpad kembali normal.
Jika ditemukan driver “HID-compliant-mouse” ini merupakan driver mouse eksternal (mouse tambahan) biarkan saja.
Langkah diatas menggunakan os windows 7 dan nama driver bisa berbeda (mungkin Synaptics PS/2 Port Touchpad) bagi yang menggunakan os lain silahkan disesuaikan saja.


Cara Kedua :
  • Cara ini bisa anda lakukan jika cara pertama masih gagal.
  • Pada umumnya bisa juga dimasakahkan dari Charger laptop anda yang tekanan daya kurang stabil.
  • Biasanya anda membeli charger baru tetapi bukan yang aslinya sehingga membuat daya listrik yang masuk bisa kurang maupun berlebihan.
  • Jadi solusinya adalah dengan mengganti charger dengan yang baru supaya bisa kembali normal.

Mungkin itu setidaknya tips atau share pengalaman saja mengenai Cara Mengatasi Touchpad laptop Jalan sendiri 100% Work semoga anda bisa berhasil mengatasi masalah tersebut. dan saya ucapkan terimakasih sudah berkunjung.

2 Responses to "Cara Mengatasi Touchpad laptop Jalan sendiri 100% Work"