Download Template kalender 2018 CDR Jawa Masehi

Download Template kalender 2018 CDR Jawa Masehi dan hijriah. Kalender ini dilengkapi dengan kalender jawa sehingga akan terasa lebih sempurna jika dilengkapi-nya. Serta dilengkapi dengan hari libut nasional yang sudah di tetapkan oleh pemerintah indonesia. Anda juga masih bisa untuk mengedit file kalender ini karena format file adalah CDR atau file CorelDRAW dan belum saya convert sehingga bisa merubah jenis font yang akan anda gunakan sesuiai keinginan anda. Baik sebelum anda download template kalender ini anda bisa membaca penjelasan tentang apa itu kalender ? untuk penjelasan-nya bisa anda baca berikut ini.

kalender adalah sebuah sistem untuk memberi nama pada sebuah periode waktu (seperti hari sebagai contohnya). Nama-nama ini dikenal sebagai tanggal kalender. Tanggal ini bisa didasarkan dari gerakan-gerakan benda angkasa seperti matahari dan bulan. Kalender juga dapat mengacu kepada alat yang mengilustrasikan sistem tersebut (sebagai contoh, sebuah kalender dinding).

Kalender Jawa

Kalender Jawa atau Penanggalan Jawa adalah sistem penanggalan yang digunakan oleh Kesultanan Mataram dan berbagai kerajaan pecahannya dan yang mendapat pengaruhnya. Penanggalan ini memiliki keistimewaan karena memadukan sistem penanggalan Islam, sistem Penanggalan Hindu, dan sedikit penanggalan Julian yang merupakan bagian budaya Barat.

Sistem kalender Jawa memakai dua siklus hari: siklus mingguan yang terdiri dari tujuh hari (Ahad sampai Sabtu) dan siklus pekan pancawara yang terdiri dari lima hari pasaran. Pada tahun 1625 Masehi (1547 Saka), Sultan Agung dari Mataram berusaha keras menanamkan agama Islam di Jawa. Salah satu upayanya adalah mengeluarkan dekret yang mengganti penanggalan Saka yang berbasis perputaran matahari dengan sistem kalender kamariah atau lunar (berbasis perputaran bulan). Uniknya, angka tahun Saka tetap dipakai dan diteruskan, tidak menggunakan perhitungan dari tahun Hijriyah (saat itu 1035 H). Hal ini dilakukan demi asas kesinambungan, sehingga tahun saat itu yang adalah tahun 1547 Saka diteruskan menjadi tahun 1547 Jawa.

Kalender Hijriyah atau Kalender Islam (bahasa Arab: التقويم الهجري; at-taqwim al-hijri), adalah kalender yang digunakan oleh umat Islam, termasuk dalam menentukan tanggal atau bulan yang berkaitan dengan ibadah, atau hari-hari penting lainnya. Kalender ini dinamakan Kalender Hijriyah, karena pada tahun pertama kalender ini adalah tahun di mana terjadi peristiwa Hijrah-nya Nabi Muhammad saw dari Makkah ke Madinah, yakni pada tahun 622 M. Di beberapa negara yang berpenduduk mayoritas Islam, Kalender Hijriyah juga digunakan sebagai sistem penanggalan sehari-hari. Kalender Islam menggunakan peredaran bulan sebagai acuannya, berbeda dengan kalender biasa (kalender Masehi) yang menggunakan peredaran Matahari.

Itu sedikit penjelasan mengenai kalender dan langsung saja anda bisa mendownload kalender 2018 ini dibawah ini.

Download kalender 2018 CDR





Mungkin itu beberapa penjelasan mengenai Kalender dan semoga bisa bermanfaat dan bisa berguna template kalender dalam kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan komentar bila ada penjelasan yang kurang paham dan terimakasih.

29 Responses to "Download Template kalender 2018 CDR Jawa Masehi "

  1. maturnuwun bro....dongakke njenengan sugih, amin...

    ReplyDelete
  2. Thanks Gan, ane sruput file nya, sumpah not for commercial, cuma buat make pribadi.
    Terima kasih buat template lengkapnya ini.

    ReplyDelete
  3. hatur nuhun kang,, ka anggo pisan,,,

    ReplyDelete
  4. trimksh mas semoga di beri kelancaran rezeki serta umur barokah

    ReplyDelete
  5. suwuun gan...semogak sehat2...n sukses selalu....

    ReplyDelete
  6. barokallah mas bro, semoga sukses. aamiin

    ReplyDelete
  7. Sukron kang semoga berkah dan sukse buat akang....

    ReplyDelete
  8. Trimakasih Gan.
    Semoga jadi kebaikan.

    ReplyDelete
  9. ijin comot mas,, mugo2 berkah....tangkiu

    ReplyDelete
  10. izin download gan..Terima kasih
    saya doakan kebaikan ini menjadi berkah buat keluarga agan..

    ReplyDelete
  11. mhn izin download gan...
    moga berkah dan bs bermanfaat. terimakasih..

    ReplyDelete
  12. thanks Gan, sangat membantu sekali... semoga mendapatkan kebarokahan file yg telah diupload utk umum

    ReplyDelete
  13. Matur nuwun, terima kasih, betapa masih ada yg berhati mulia, membagikan karyanya yg hebat. Pengen belajar dari agan, gmn caranya buat tulisan arab & angkanya. Sangat, sulit, sekali....
    Semoga agan diberi kelimpahan berkah.

    ReplyDelete
  14. MAKASIH brader..semoga berkah dan manfaat

    ReplyDelete