Berikut Isi Teks Sumpah Pemuda Asli Original

Sumpah pemuda memang tidak bisa dilupakan dari perjuangan kemerdekaan indonesia, Karena sumpah pemudalah yang menjadi pergerakan kemerdekaan bangsa indonesia.

Berikut Isi Teks Sumpah Pemuda Asli Original. Ikrar Sumpah pemuda awalnya adalah secarik kertas yang dibacakan oleh Soegondo Djojopoespito hingga kemudian dijelaskan secara panjang lebar oleh Moehammad Yamin. Sumpah pemuda dihasilkan dari keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Kongres Pemuda Kedua tersebut dipimpin oleh pemuda Soegondo Djojopoespito dari PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia).

Kemudian munculah istilah Sumpah pemuda pada keputusan kongres dan isi dari naskah sumpah pemuda ini menegaskan cita-cita akan ada “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”.


Berikut ini gambaran teks sumpah pemuda, sebagai berikut :

Berikut Isi Teks Sumpah Pemuda Asli Original

Dan ini bunyi teks sumpah pemuda 28 Oktober

Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat dan menambah sedikit pengetahuan kita dalan mengenal sejarah sumpah pemuda yang menjadi tonggak pergerakan kemerdekaan indonesia, sekian dan terimakasih.

0 Response to "Berikut Isi Teks Sumpah Pemuda Asli Original"

Post a Comment