6 Tips Jitu Lolos Seleksi CPNS

Memang banyak pekerjaan yang lainnya, tetapi menjadi Pegawai Negeri menjadi Favorit beberapa orang di Indonesia ini, sehingga pendaftar CPNS menjadi banyak dan seleksipun semakin ketat.

6 Tips Jitu Lolos Seleksi CPNS. Tidak ada cara khusus yang mampu menjamin kita bisa lolos dalam tahapan-tahapan seleksi, tetapi kita hanya bisa berdoa dan berusaha saja supaya bisa lolos.
6 Tips Jitu Lolos Seleksi CPNS
Ada beberapa tips yang wajib anda ketahui salah satunya Mengenai Computer Assisted Test, karena pada umumnya test CPNS menggunakan Komputer.

Harus anda ketahui bahwa sistem dan tata kelola ujian CPNS zaman dahulu dan sekarang sudah jauh berbeda. Pemerintah berbenah untuk menyiapkan calon pemimimpin masa depan yang prefesional dengan proses yang bersih, transparan, akuntabel, dan cepat dengan berbagai cara. Salah satu metode yang terlihat perubahannya adalah ujian dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test).


Baik berikut ini beberapa tips jitu menurut pengamatan saya, semoga bisa memotivasi anda :

  • Minta Restu Orang Tua dan berdoa Kepada Allah SWT
    Restu dan doa orang tua lebih penting dan mintalah perlindungan serta di beri ketenangan dalam menghadapi ujian, dan jangan lupa untukk tetap menjalankan perintah allah yaitu sholat 5 waktu.
  • Usahakan kerjakan Soal Dengan Jujur
    Jangan berharap anda bisa mengerjakan ujian dengan mengandalkan bahan contekan apalagi joki. Lupakan dan buang pikiran tersebut jauh-jauh. Jangankan untuk berbuat curang, untuk izin ke WC saja anda akan berpikir dua kali. Ruangan ujian sudah dilengkapi dengan CCTV sehingga pengawas ujian bisa mengawasi ujian meski tidak di tempat. Ditambah lagi, soal ujian yang banyak dan rumit akan membuat anda berkutat penuh di depan komputer hingga selesai.
  • Pahami tahapan demi tahapan seleksi
    Dalam prosesnya, ada beberapa tahapan ujian CPNS yang harus diselesaikan. Tiap instansi memiliki model ujian yang berbeda tergantung kebutuhan. Secara umum, ada 2 seleksi yang harus dilalui yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan Tes Kompetensi Dasar (TKD). SKB menjadi tanggung jawab masing-masing instansi penyelenggara. Model dan materi ujiannya bisa berbeda-beda menyesuaikan formasi kebutuhan CPNS. Sedangkan TKD merupakan seleksi wajib yang harus dilalui dengan kriteria kelulusan yang sama untuk setiap pelamar.
  • Latihan Simulasi CAT
    Sedapat mungkin, berlatih pula dengan simulasi CAT agar tidak gagap menghadapi ujian dengan komputer. Saya yakin, ada orang yang sama sekali belum pernah menhadapi ujian dengan komputer sebelumnya. Karena itu, latihan dengan menggunakan simulasi CAT juga penting agar kita terbiasa saat ujian.
  • Jaga Kesehatan Badan
    Semua persiapan di atas tidak ada artinya bila anda tidak dalam kondisi prima saat menghadapi ujian. Tidak perlu memaksakan diri belajar hingga larut malam sehingga membuat kondisi tubuh menjadi drop. Makanlah secara teratur dan bergizi sehingga anda bisa menyelesaikan ujian CPNS dalam kondisi terbaik.
  • Usahakan Tenang Dalam Menghadapi Ujian
    Ini juga faktor yang sangat menentukan. Grogi saat menghadapi ujian adalah hal yang lumrah. Tapi, jangan sampai karena terlalu grogi membuat anda sulit berpikir dan melupakan semua hal yang telah anda pelajari. Tenangkan diri saat akan menghadapi ujian. Mungkin, dengan berdoa dan membaca Alquran, bisa meredakan diri anda.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan menambah sedikit pengetahuan anda dalam mengikuti seleksi serta memotivasi untuk belajar menghadapi tahapan demi tahapan seleksi CPNS tersebut, sekian dari saya dan terimakasih.

0 Response to "6 Tips Jitu Lolos Seleksi CPNS"

Post a Comment