Cara mengatasi Suara Microphone Komputer Terlambat

Cara mengatasi Suara Microphone Komputer Telat
Cara mengatasi Suara Microphone Komputer Telat, baik untuk PC ataupun juga Laptop. Biasa-nya kita menyebut-nya dengan nama Latency ( suara Microphone terlambat ). Saya sendiri mengalami masalah tersebut karena telat dari microphone tersebut sampai 0,100 mili detik jadi bisa di bilang hampir mencapai 1 detik. Maka dari itu kita harus bisa menyelesaikan masalah tersebut, tetapi solusi yang paling berhasil menurut saya adalah menggunakan aplikasi ASIO4ALL yang bisa mengatasi latency dari komputer sampai 0, 10 mili detik. Walaupun belum bisa semua-nya tapi cara ini mungkin bisa dibilang cukup membantu kita untuk mengatasi latency tersebut. Tetapi untuk lebih bagus lagi kita harus pakai Amplifier yang ada Microphone-nya sehingga tidak akan terjadi latency lagi. 

Sebelum kita lebih jauh untuk membahas cara mengatasi suara telat pada microphone komputer kita harus mengetahui beberapa penyebab terjadi-nya latency tersebut antara lain :

  • Kualitas Microphone tidak kurang baik
  • Rangkaian Aplifier atau Speaker kurang mendukung
  • Spesifikasi komputer kurang mendukung untuk dijadikan mesin Karaoke
  • Dan juga penyebab yang lain-nya.
Mungkin itu sedikit penyebab terjadi-nya latency pada Microphone komputer, tapi walaupun sebagu apapun hardware komputer dan lain-nya jika kita menggunakan Komputer sebagai alat untuk menimbukan suara itu tidak akan bisa menghilangkan latency sampai 0 mili detik pasti masih ada latency tetapi mungkin bisa berkurang dari pada umum-nya.

Sebelum kita memulai kita harus tahu tentang penjelasan dari kata Latency yang lebih mendalam sehingga pada saat kita akan mengatasi latency tersebut kita tidak mengalami kendala baik dari definisi maupun pengertian-nya. Untuk itu bisa anda baca dibawah ini.

Latency adalah besaran yang menunjukkan seberapa banyak data ( suara ) yang dapat dilewatkan dalam koneksi. Delay merupakan keterlambatan dalam waktu transmisi data dari pengirim dan penerima, satuan dari delay adalah sekon (detik). Sehingga suara yang di hasilkan pada komputer akan menjadi telambat dikarenakan melewati beberapa tahapan seperti dari MICROPHONE > CPU ( memproses suara membutuhkan waktu yang cukup lama ) kemudian baru di keluarkan melalui Speaker, sehingga suara yang di hasilkan oleh Microphone komputer bisa terlambat.

Mungkin untuk penjelasan-nya sudah cukup dan bisa sedikit menambah wawasan anda tentang keterlambatan suara pada mic komputer, mungkin bisa langsung saja untuk tutorial mengatasi suara terlambat bisa ikuti langkah - langkah berikut ini dengan teliti dan seksama.
  1. Untuk cara yang pertama kita Install terlebih dahulu aplikasi ASIO4ALL, jika belum memiliki aplikasi tersebut anda bisa download disini.
  2. Setelah itu Kita Install seperti biasa-nya, tapi pada komponen yang akan anda instal pilih Offline Setting setelah itu baru anda Next sampai proses install selesai.
  3. Kemudian buka aplikasi tersebut pada folder C:\Program Files (x86)\ASIO4ALL v2
  4. Kemudian pada saat aplikasi terbuka auidio semua-nya akan mati tidak bisa di gunakan lagi, setelah itu kita klik pada hardware yang terdeteksi, karena disitu ada dua yang terdeteksi satu driver audio komputer satu-nya aplikasi hear.
  5. Setelah itu atur buffer sampai penuh untuk mengatasi telat yang terlalu jauh. mulai dari driver audio sampai Hear.
  6. Setelah itu Close aplikasi tersebut kemudian Restart komputer anda.
  7. jika sudah menyala kembali anda bisa cek sendiri pasti Latency sudah berkurang beberapa mili detik tidak bisa sampai habis karena proses dari microphone tersebut begitu panjang.
  8. Selesai.

Mungkin itu sedikit tips yang bisa saya bagikan tentang cara mengatasi Latency atau suara Microphone terlambat semoga cara ini bisa membantu anda untuk mengatasi masalah anda. Jangan lupa untuk kunjungi artikel yang lain & terimakasih.

Note :
Tinggalkan Komentar Jika kurang paham atau kurang jelas ! terimakasih semoga bermanfaat : >

0 Response to "Cara mengatasi Suara Microphone Komputer Terlambat"

Post a Comment